Pencarian Cepat Tips Trik Pilihan Terpopuler

Kamis, 18 Februari 2010

Tips Cara Menilai dan Menguji Profesionalisme Seorang Dokter


Bookmark and Share

KUMPULAN TIPS TRIK PILIHAN TERPOPULER - Tips Evaluasi - Dalam dunia kesehatan, seorang dokter memiliki peranan penting dalam membuat suatu kenyamanan dalam perawatan medis para pasiennya. Masyarakat biasanya memilih dokter mana yang pas dan sesuai dengan keinginan serta kondisi ekonomi mereka (terutama masyarakat golongan bawah). Masyarakat biasanya memilih dokter yang teliti, sabar, inspiratif, komunikatif serta bagi sebagian masyarakat kecil lainnya, tentu saja dokter yang bisa mereferensikan resep atau obat-obatan yang lebih murah dan dapat dijangkaunya. Sehingga seorang dokter dituntut untuk lebih profesional dan mengerti keadaan jiwa serta keadaan ekonomi pasien. Karena terkadang masih banyak dokter yang menjaga profesionalisme dalam bekerja, namun kurang memperhatikan kondisi pasien dari segi kejiwaannya, dimana seorang pasien akan lebih nyaman dengan dokter yang bisa lebih akrab serta mengerti keadaan mereka.

Untuk merasakan kenyamanan pada saat Anda melakukan perawatan medis, maka Anda harus merasa lega dengan si dokter itu sendiri. Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk menilai sang dokter yang memeriksa Anda, sebaiknya langkah ini dijadikan daftar tersendiri agar tidak lupa. Berikut langkah-langkah yang Zona Netter Indonesia sarankan, antara lain :
  1. Apakah dokter Anda termasuk board-certified atau board-eligible? Board sertified (berijasah) maksudnya bahwa ia telah menempuh latihan khusus dalam bidangnya selama dua tahun atau lebih setelah lulus dari fakultas kedokteran dan telah lulus ujian nasional yang mensyahkan kemampuan dalam spesialisasinya. Board Eligible maksudnya bahwa si dokter telah menempuh pelatihan, tapi tidak atau belum mengikuti ujian (dan lulus) ujian nasionalnya. Namun, agar diperhatikan bahwa ijasah tidak menjamin kompetensi seseorang (begitu juga dengan seorang dokter).
  2. Apakah sang dokter menyimak dan menjawab semua pertanyaan Anda mengenai sebab-sebab dan pengobatan atas gangguan medis yang Anda derita, atau ia segan, tidak sabaran, atau tidak ingin menjawab pertanyaan Anda?
  3. Apakah Anda merasa nyaman dengan dokter Anda? Dapatkah Anda membicarakan perasaan Anda secara terbuka dalam urusan pribadi, termasuk masalah seksual dan emosional?
  4. Apakah dokter mancatat sejarah medis Anda secara seksama, menanyakan tentang masalah-masalah fisik dan emosional masa lalu, sejarah medis keluarga, obat-obatan yang Anda minum, dan masalah-masalah lain yang mempengaruhi kesehatan Anda?
  5. Apakah dokter menyinggung penyebab utama masalah medis Anda atau hanya memberi resep untuk mengobati gejala-gejala sakit Anda?
  6. Apakah dokter Anda mempunyai rekan sejawat yang bisa dihubungi saat ia tidak bisa ditemui?
  7. Apakah Anda merasa bebas menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang kedengarannya "bodoh"?
  8. Apakah dokter Anda menjelaskan kondisi medis Anda yang sebenarnya dalam bahasa yang mudah dipahami?
  9. Apakah pegawainya ramah-tamah dan penuh perhatian terhadap Anda?
  10. Apakah dokter Anda membalas telepon Anda pada hari yang sama?
  11. Apakah Anda datang tepat waktu, atau bersedia menunggu dalam waktu yang lama ketika ada janji konsultasi dengan dokter?
  12. Apakah dokter Anda termasuk tenaga medis utama pada rumah sakit terkenal?
Semoga dengan mengikuti langkah-langkah diatas yang Zona Netter Indonesia paparkan, Anda akan mengetahui siapa dan bagaimana kompetensi dokter Anda terhadap pasiennya dan dalam menjaga profesionalismenya. Sehingga jawaban atas pertanyaan di atas dapat memberikan sebuah keputusan kepada Anda, apakah Anda akan menjadikan ia sebagai dokter langganan atau pribadi Anda? Atau bahkan sebaliknya Anda akan meninggalkan dia, untuk mencari dokter yang sesuai kriteria Anda?

Top Blogs
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook




1 Comment:

mundo idiot said...

wew mutual posting ,nice

Posting Komentar


 

Label

Bakat Baru Bencana Bencana Alam Berkah Berobat Blog Blogger Bugar Cantik Cara Cara Membeli Cara Memilih Cara Meminimalisir Cara Mempertajam Cara Mencegah Cara Mengatasi Cara Mengecek Cara Mengendarai Cara Mengevaluasi Cara Menghadapi Cara Menghilangkan Cara Menghilangkan dan Menyembunyikan Tanda Obeng dan Tang pada Blog Cara Menghindari Cara Mengoptimalkan Cara Mengukur Cara Mengurangi Cara Menilai Cara Meningkatkan Cara Menulis Kode HTML/Java Script pada Postingan atau Artikel Blog Cara Merawat Cerita Cinta Cinta Daya Ingat Denyut Nadi Dingin Dokter Ejakulasi Ejakulasi Dini Evaluasi Fisik Flek Flek Hitam Gatal Gempa Bumi Gigi Gigi Berlubang Hamil Hamil Muda Hati HTML Icon IQ Jalan Kaki Jalan Raya Jamur Kaki Jantung Jerawat Kaki Kebahagiaan Keberkahan Kebugaran Kecantikan Kehamilan Kendaraan Kesehatan Kode Warna Kode Warna HTML Kolesterol Komputer Konsentrasi Konsultasi Krisis Kulit Kulit Kering Kumpulan Tips Kebugaran Kumpulan Tips Trik Pilihan Terpopuler Kutil Kutil Kelamin Lemak Memaksimalkan Membeli Memilih Mencegah Mengatasi Menghindari Mengoptimalkan Menilai Mobil Mobil Bekas Motivasi Motor Obeng Olahraga Otomotif PC Pengecekan Pengembangan Diri Penyakit Peralatan Peralatan Olahraga Perawatan Perjalanan Personal Computer Potensi Potensi Bakat Profesionalisme Psikologi Sehat Seks Seksologi Sepeda Motor Sex Situasi Sperma Stres Tanda Tang Tentang Blog Tips Tips Cara Mengobati dan Menghilangkan Kutil Pada Alat Kelamin Tips Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Kering Tips Aman Tips Bencana Tips Blog Tips Blogger Tips Blogging Tips Cara Mengatasi dan Mencegah Ejakulasi Dini Tanpa Obat Tips Cara Menggali Potensi Diri dan Memaksimalkan Bakat Tips Cara Aman Mengendarai Kendaraan di Jalan Raya Tips Cara Memilih dan Membeli Sepeda Motor Baru Tips Cara Mengatasi Kelelahan Fisik Tips Cara Menghilangkan dan Mencegah Jamur Kaki Tips Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat dan Flek Hitam Tips Cara Merawat Komputer Tetap Sehat Cepat dan Segar Tips Cinta Tips Cinta Membawa Berkah dan Kebahagiaan Tips Evaluasi Tips Kebugaran Tips Kecantikan Tips Kehamilan Tips Kesehatan Tips Komputer Tips Membeli Tips Memilih Tips Meminimalisir Tips Mempertajam Tips Mencegah Tips Mencegah Gigi Berlubang Tips Mengatasi Tips Mengevaluasi Tips Menghadapi Tips Menghindari Tips Menghindari Situasi Terburuk di Jalan Raya Tips Mengoptimalkan Tips Mengukur Tips Mengurangi Tips Meningkatkan Tips Meningkatkan Daya Ingat Tips Merawat Tips Motivasi Tips Olahraga Tips Otomotif Tips Perjalanan Tips Psikologi Tips Seks Tips Tetap Tenang Menghadapi Krisis dan Kesulitan Hidup Tips Tricks Tips Trik Tutorial Blogger Udara Dingin Wajah Wanita Hamil

KUMPULAN TIPS TRIK PILIHAN TERPOPULER Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha