Pencarian Cepat Tips Trik Pilihan Terpopuler

Jumat, 01 Januari 2010

Tips Cara Mengatasi Kelelahan Fisik Agar Tetap Bugar


Bookmark and Share

KUMPULAN TIPS TRIK PILIHAN TERPOPULER - Tips Kebugaran - Sebagai tulisan pertama saya pada blog ini, Zona Netter Indonesia akan menyajikan sebuah cara atau langkah yang sering membuat orang tersiksa akibat kelelahan fisik yang disebabkan oleh pengeluaran energi dari tubuh kita yang berlebihan. Banyak penyebab yang membuat tubuh kita terasa lemas dan kurang bergairah dalam keseharian kita. Pada kesempatan ini saya menulis dengan mengutip sebuah buku yang saya miliki yaitu karya Dr. Don R. Powell, Ph.D. yang berjudul Buku Pintar Kesehatan. Dalam buku tersebut dibahas mengenai cara-cara dan langkah untuk mengatasi kelelahan fisik. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Meski fakta bahwa teknologi modern membuat kehidupan jauh lebih ringan secara fisik dibanding tahun-tahun sebelumnya, tapi para dokter mengatakan bahwa semakin banyak orang yang mengeluh tentang daya tahan fisik mereka yang lemah. Bagaimana Anda bisa melepaskan diri dari jebakan kelelahan fisik yang mengancam Anda terus menerus?

Pertama-tama, tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda lelah. Apakah kelelahan itu disebabkan karena faktor-faktor fisik atau emosional? Kelelahan yang disebabkan oleh faktor fisik pada umumnya semakin parah pada waktu pagi hari dan biasanya penawarnya adalah tidur yang cukup. Kelelahan emosional justru sebaliknya: kelelahan ini biasanya semakin parah pada pagi hari dan semakin berkurang menjelang malam.

Kelelahan fisik dapat disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut :
  • Kebiasaan makan atau tidur yang tidak teratur.
  • Ketidakseimbangan pada faktor-faktor elektrolit darah (sodium, potasium dan mineral-mineral lainnya)
  • Bertempat tinggal atau bekerja pada daerah yang panas dan lembab.
  • Anemia
  • Pengaruh pilek dan flu yang berlarut-larut.
  • Penyakit-penyakit penyebab infeksi yang luput dari perhatian, seperti monokleosis atau virus Epstein-Barr.
  • Beberapa gangguan endokrin, seperti kelenjar tiroid yang gagal berfungsi sebagaimana mestinya atau gangguan neurologis.
Kelelahan emosional dapat disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut :
  • Burnout (merusak diri sendiri dengan mencoba bekerja terlalu keras).
  • Perubahan (dihadapkan pada krisis kehidupan yang besar atau keputusan yang sulit, seperti perceraian atau ancaman pensiun).
  • Kejenuhan (hidup terasa monoton atau hilangnya kegairahan dalam rutinitas sehari-hari).
  • Depresi
Tergantung pada sebab-sebab kelelahan, strategi-strategi berikut mungkin bisa membantu dalam mengembalikan energi atau gairah hidup Anda, antara lain :

1. Aturlah diet Anda dengan lebih baik

Kebiasaan makan yang jelek (terlalu sering atau jarang) dan diet yang tidak seimbang bisa membebani tubuh dan menyebabkan kelelahan. Mengabaikan makan yang penting, seperti makan pagi, atau memanjakan diri Anda dengan melahap makanan kecil yang manis-manis yang secara praktis menjamin seseorang terjebak dalam kelelahan.
Sebaliknya, makanan yang kaya akan zat besi, sereal dan roti yang terbuat dari tepung padi-padian dan buah-buahan dan sayur-sayuran mentah mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa menjaga tingkat energi Anda sehingga tampil dinamis.

2. Berolahraga dengan lebih sering.

Menghabiskan lebih banyak energi sesungguhnya akan memberi Anda energi lebih banyak lagi, khususnya bila pekerjaan Anda tidak pindah-pindah (di belakang meja selama beberapa jam). Olahraga juga bisa berfungsi sebagai tranquiliser, meredakan ketegangan emosional yang disebabkan beban kerja yang menumpuk, kecemasan atau keletihan. Jika Anda merasa letih, cobalah jalan-jalan di udara terbuka. Cara ini bisa dengan cepat memperbaharui energi Anda.

3. Aturlah Sirkulasi Udara.

Bekerja atau bermain di cuaca panas bisa membuat Anda lelah. Begitu juga bekerja atau hidup dalam lingkungan yang ventilasi udaranya jelak. Jawabannya : istirahatlah di ruangan dingin dan kering sesering mungkin, minum sebanyak-banyaknya, dan buka jendela.

4. Istirahatlah dan rileks.

Anda tidak perlu diberitahu untuk mengetahui jika terlalu lama tidak tidur dengan nyenyak dan nyaman bisa membuat punggung Anda pegal-pegal dan lelah. Tapi tahukan Anda bahwa istirahat dan rileksasi sehari-hari bisa menghemat energi? Aturlah jadwal kerja Anda sehingga ada waktu untuk rileksasi, lalu ambilah nafas dalam-dalam atau meditasi.

5. Ubahlah rutinitas Anda.

Tak ada yang membuat Anda cepat lelah dan tak bergairah dibanding kerja yang monoton atau rutinitas. Oleh sebab itu cobalah hal-hal baru dan menarik sehari sekali (atau lebih). Jika sebaliknya, beban kerja terlalu berat, sisihkan beberapa saat untuk menikmati ketenangan dan kedamaian.

Jika Anda menderita akibat kelelahan yang terus menerus dan sulit dicari penyembuhnya, temuilah dokter. Di tangan dokter, bisa dicari pemecahannya sehubungan dengan berbagai kondisi medis yang menjadi penyebab kelelahan fisik.

Selamat mencoba, semoga tubuh Anda tetap sehat dan bugar setiap saat, jauh dari kelelahan fisik yang membuat hidup Anda tidak bergairah.


Top Blogs
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook




0 Comments:

Posting Komentar


 

Label

Bakat Baru Bencana Bencana Alam Berkah Berobat Blog Blogger Bugar Cantik Cara Cara Membeli Cara Memilih Cara Meminimalisir Cara Mempertajam Cara Mencegah Cara Mengatasi Cara Mengecek Cara Mengendarai Cara Mengevaluasi Cara Menghadapi Cara Menghilangkan Cara Menghilangkan dan Menyembunyikan Tanda Obeng dan Tang pada Blog Cara Menghindari Cara Mengoptimalkan Cara Mengukur Cara Mengurangi Cara Menilai Cara Meningkatkan Cara Menulis Kode HTML/Java Script pada Postingan atau Artikel Blog Cara Merawat Cerita Cinta Cinta Daya Ingat Denyut Nadi Dingin Dokter Ejakulasi Ejakulasi Dini Evaluasi Fisik Flek Flek Hitam Gatal Gempa Bumi Gigi Gigi Berlubang Hamil Hamil Muda Hati HTML Icon IQ Jalan Kaki Jalan Raya Jamur Kaki Jantung Jerawat Kaki Kebahagiaan Keberkahan Kebugaran Kecantikan Kehamilan Kendaraan Kesehatan Kode Warna Kode Warna HTML Kolesterol Komputer Konsentrasi Konsultasi Krisis Kulit Kulit Kering Kumpulan Tips Kebugaran Kumpulan Tips Trik Pilihan Terpopuler Kutil Kutil Kelamin Lemak Memaksimalkan Membeli Memilih Mencegah Mengatasi Menghindari Mengoptimalkan Menilai Mobil Mobil Bekas Motivasi Motor Obeng Olahraga Otomotif PC Pengecekan Pengembangan Diri Penyakit Peralatan Peralatan Olahraga Perawatan Perjalanan Personal Computer Potensi Potensi Bakat Profesionalisme Psikologi Sehat Seks Seksologi Sepeda Motor Sex Situasi Sperma Stres Tanda Tang Tentang Blog Tips Tips Cara Mengobati dan Menghilangkan Kutil Pada Alat Kelamin Tips Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Kering Tips Aman Tips Bencana Tips Blog Tips Blogger Tips Blogging Tips Cara Mengatasi dan Mencegah Ejakulasi Dini Tanpa Obat Tips Cara Menggali Potensi Diri dan Memaksimalkan Bakat Tips Cara Aman Mengendarai Kendaraan di Jalan Raya Tips Cara Memilih dan Membeli Sepeda Motor Baru Tips Cara Mengatasi Kelelahan Fisik Tips Cara Menghilangkan dan Mencegah Jamur Kaki Tips Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat dan Flek Hitam Tips Cara Merawat Komputer Tetap Sehat Cepat dan Segar Tips Cinta Tips Cinta Membawa Berkah dan Kebahagiaan Tips Evaluasi Tips Kebugaran Tips Kecantikan Tips Kehamilan Tips Kesehatan Tips Komputer Tips Membeli Tips Memilih Tips Meminimalisir Tips Mempertajam Tips Mencegah Tips Mencegah Gigi Berlubang Tips Mengatasi Tips Mengevaluasi Tips Menghadapi Tips Menghindari Tips Menghindari Situasi Terburuk di Jalan Raya Tips Mengoptimalkan Tips Mengukur Tips Mengurangi Tips Meningkatkan Tips Meningkatkan Daya Ingat Tips Merawat Tips Motivasi Tips Olahraga Tips Otomotif Tips Perjalanan Tips Psikologi Tips Seks Tips Tetap Tenang Menghadapi Krisis dan Kesulitan Hidup Tips Tricks Tips Trik Tutorial Blogger Udara Dingin Wajah Wanita Hamil

KUMPULAN TIPS TRIK PILIHAN TERPOPULER Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha