Pencarian Cepat Tips Trik Pilihan Terpopuler

Minggu, 21 Februari 2010

Tips Cara Menghadapi dan Meminimalisir Kerusakan Akibat Gempa Bumi


Bookmark and Share

KUMPULAN TIPS TRIK PILIHAN TERPOPULER - Tips Antisipasi Bencana - Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang sangat mengerikan dan biasanya memakan korban dalam jumlah banyak, baik harta benda maupun nyawa. Bencana alam ini, terutama gempa bumi bisa menyebabkan trauma dan luka mendalam bagi para korban gempa, terlebih gempa bumi yang disusul dengan tsunami. Beberapa waktu yang lalu kita kembali ikut berduka cita dengan adanya gempa dahsyat di Haiti. Banyak bangunan yang rata dengan tanah dan puluhan ribu orang meninggal dunia. Dan akan sangat mengerikan kalau gempa itu terjadi pada malam hari, karena saat itu biasanya kita sedang tetidur lelap, apalagi dengan guncangan gempa yang sangat dahsyat.

Indonesia adalah salah satu negara yang rawan terjadinya gempa bumi. Hal ini tentunya menuntut kita agar selalu waspada dan mengerti apa yang harus kita lakukan saat terjadinya gempa bumi. Berikut ini beberapa tips yang dapat Best Tips Tricks Collection sarankan kepada Anda dalam menghadapi dan meminimalisir kerusakan yang diakibatkan guncangan gempa bumi, antara lain :
  • Hendaknya Anda mempelajari dan memperbanyak pengetahuan Anda tentang gempa bumi, terutama dari badan-badan yang khusus menangani bidang Metereologi dan Geofisika.
  • Bagi Anda yang tinggal di wilayah rawan gempa, hendaknya memperhatikan dengan baik struktur rumah atau bangunan ketika akan mendirikannya. Pastikan struktur rumah atau bangunan Anda memiliki karekter bangunan yang mampu meminimalisir kerusakan akibat guncangan gempa.
  • Apabila rumah atau bangunan sudah berdiri, maka Anda tinggal menyesuaikan struktur rumah atau bangunan Anda dengan cara merenovasi ulang agar lebih aman pada saat terjadi gempa bumi.
  • Buatkan pintu-pintu khusus, tangga darurat dan beberapa tempat yang relatif lebih aman terhadap guncangan gempa, agar pada saat terjadi gempa Anda dapat berlindung atau segeralah Anda menyelamatkan diri keluar rumah atau bangunan melalui pintu-pintu dan tangga darurat tersebut.  
  • Usahakan menempatkan benda-benda dan perlengkapan berat di lantai bagian bawah. Apabila rumah atau bangunan Anda hanya satu lantai, maka tempatkan benda-benda berat tersebut menempel ke dinding dengan cara dipaku atau diikat serta dapat pula disimpan di sudut ruangan.
  • Jika saat terjadi gempa Anda tidak sempat menyelamatkan diri keluar rumah atau bangunan, maka Anda dapat berlindung di bawah meja atau benda-benda lainnya yang lebih tahan terhadap reruntuhan bangunan.
  • Hal terbaik yang harus Anda lakukan saat terjadi gempa, adalah secepatnya lari keluar rumah atau bangunan dan cari tempat yang aman. Atau bisa juga Anda mencari lapangan yang jauh dari bangunan atau pepohonan besar lainnya.
  • Apabila saat terjadi gempa dan Anda sedang berada dalam kendaraan, maka Anda harus segera berhenti dan keluar dari kendaraan serta carilah tempat yang kosong serta luas.
  • Hindari berlindung di bawah jembatan atau berada tepat di atas jembatan ketika terjadi gempa bumi.
Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah terjadi gempa, diantaranya melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) baik pada diri Anda maupun orang-orang yang terluka di sekitar Anda. Kemudian hubungi petugas medis terdekat. Hendaknya Anda jangan terburu-buru memasuki bangunan setelah gempa, hal itu untuk menghindari diri Anda dari gempa susulan, yang memungkinkan merobohkan seluruh bangunan tersebut.

Demikian beberapa langkah dan tips menghadapi gempa yang dapat Zona Netter Indonesia sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Anda, terutama untuk meminimalisir banyaknya korban serta kerusakan yang lebih parah. Dan tetap waspadalah menghadapi ancaman gempa ini dengan pengetahuan yang lebih banyak serta mempersiapkan segala keperluan darurat  seperti perlengkapan medis dan pintu-pinu khusus, tangga-tangga darurat serta fasilitas darurat lainnya.

Top Blogs
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook




0 Comments:

Posting Komentar


 

Label

Bakat Baru Bencana Bencana Alam Berkah Berobat Blog Blogger Bugar Cantik Cara Cara Membeli Cara Memilih Cara Meminimalisir Cara Mempertajam Cara Mencegah Cara Mengatasi Cara Mengecek Cara Mengendarai Cara Mengevaluasi Cara Menghadapi Cara Menghilangkan Cara Menghilangkan dan Menyembunyikan Tanda Obeng dan Tang pada Blog Cara Menghindari Cara Mengoptimalkan Cara Mengukur Cara Mengurangi Cara Menilai Cara Meningkatkan Cara Menulis Kode HTML/Java Script pada Postingan atau Artikel Blog Cara Merawat Cerita Cinta Cinta Daya Ingat Denyut Nadi Dingin Dokter Ejakulasi Ejakulasi Dini Evaluasi Fisik Flek Flek Hitam Gatal Gempa Bumi Gigi Gigi Berlubang Hamil Hamil Muda Hati HTML Icon IQ Jalan Kaki Jalan Raya Jamur Kaki Jantung Jerawat Kaki Kebahagiaan Keberkahan Kebugaran Kecantikan Kehamilan Kendaraan Kesehatan Kode Warna Kode Warna HTML Kolesterol Komputer Konsentrasi Konsultasi Krisis Kulit Kulit Kering Kumpulan Tips Kebugaran Kumpulan Tips Trik Pilihan Terpopuler Kutil Kutil Kelamin Lemak Memaksimalkan Membeli Memilih Mencegah Mengatasi Menghindari Mengoptimalkan Menilai Mobil Mobil Bekas Motivasi Motor Obeng Olahraga Otomotif PC Pengecekan Pengembangan Diri Penyakit Peralatan Peralatan Olahraga Perawatan Perjalanan Personal Computer Potensi Potensi Bakat Profesionalisme Psikologi Sehat Seks Seksologi Sepeda Motor Sex Situasi Sperma Stres Tanda Tang Tentang Blog Tips Tips Cara Mengobati dan Menghilangkan Kutil Pada Alat Kelamin Tips Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Kering Tips Aman Tips Bencana Tips Blog Tips Blogger Tips Blogging Tips Cara Mengatasi dan Mencegah Ejakulasi Dini Tanpa Obat Tips Cara Menggali Potensi Diri dan Memaksimalkan Bakat Tips Cara Aman Mengendarai Kendaraan di Jalan Raya Tips Cara Memilih dan Membeli Sepeda Motor Baru Tips Cara Mengatasi Kelelahan Fisik Tips Cara Menghilangkan dan Mencegah Jamur Kaki Tips Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat dan Flek Hitam Tips Cara Merawat Komputer Tetap Sehat Cepat dan Segar Tips Cinta Tips Cinta Membawa Berkah dan Kebahagiaan Tips Evaluasi Tips Kebugaran Tips Kecantikan Tips Kehamilan Tips Kesehatan Tips Komputer Tips Membeli Tips Memilih Tips Meminimalisir Tips Mempertajam Tips Mencegah Tips Mencegah Gigi Berlubang Tips Mengatasi Tips Mengevaluasi Tips Menghadapi Tips Menghindari Tips Menghindari Situasi Terburuk di Jalan Raya Tips Mengoptimalkan Tips Mengukur Tips Mengurangi Tips Meningkatkan Tips Meningkatkan Daya Ingat Tips Merawat Tips Motivasi Tips Olahraga Tips Otomotif Tips Perjalanan Tips Psikologi Tips Seks Tips Tetap Tenang Menghadapi Krisis dan Kesulitan Hidup Tips Tricks Tips Trik Tutorial Blogger Udara Dingin Wajah Wanita Hamil

KUMPULAN TIPS TRIK PILIHAN TERPOPULER Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha