Pencarian Cepat Tips Trik Pilihan Terpopuler

Rabu, 10 Februari 2010

Tips Cara Mengoptimalkan Konsultasi saat Berobat ke Dokter


Bookmark and Share

KUMPULAN TIPS TRIK PILIHAN TERPOPULER - Tips Evaluasi - Ketika Anda mengunjungi seorang dokter untuk berobat maupun berkonsultasi, maka Anda jangan menyia-nyiakan kesempatan itu untuk bertanya tentang apapun yang ingin Anda ketahui agar Anda menjadi seorang yang berwawasan luas terhadap dunia kesehatan. Terkadang kita sering tidak mempedulikan akan hal ini, yang ada dalam pikiran kita hanyalah sehat, tanpa berusaha untuk mengenal sesuatu yang belum kita ketahui. Sungguh sangat rugi bila kita tidak mampu mengoptimalkan kesempatan itu.

Ada banyak hal yang bisa Anda komunikasikan dengan dokter Anda pada saat bertemu. Dari mulai penyebab penyakit, pencegahan, resep obat, tidakan penyembuhan serta informasi penting lainnya. Beruntung sekali apabila seorang pasien dapat mengoptimalkan kesempatan ketika bertemu dengan dokter. Pengetahuan yang didapat, minimal bisa membuat Anda semakin berhati-hati terhadap suatu penyakit serta berbagai penyebabnya.

Karena waktu dokter sangat berharga, pasien seringkali merasa tergesa-gesa atau tidak mudah untuk menemuinya. Bila Anda sakit, ada kecenderungan bersikap pasif dan merasa rentan. Dengan mengikuti petunjuk-petunjuk di bawah ini, diharapkan Anda akan bisa memberikan konstribusi positif dalam komunikasi antara dokter dan pasien.

Beberapa langkah dalam mengoptimalkan ketika Anda berobat maupun hanya sekedar konsultasi, Anda dapat mengikuti beberapa petunjuk di bawah ini, antara lain :
  • Ulangi dengan kata-kata sendiri apa yang telah dokter katakan kepada Anda. Gunakan kalimat sederhana seperti "Apakah Anda mengatakan bahwa.....?" atau "Menurut saya masalah ini adalah....".
  • Rencanakan apa yang akan Anda katakan kepada dokter mengenai masalah Anda. Pengamatan Anda mengenai masalah kesehatan dapat menjadi sesuatu yang berharga untuk membuat diagnosis.
  • Catatlah apa yang salah dan apa yang perlu Anda lakukan.
  • Jika Anda dibingungkan dengan istilah-istilah kesehatan, mintalah definisi-definisi yang sederhana kepada dokter Anda. Tidak perlu malu menanyakannya. Jangan jaga gengsi, meski sebenarnya Anda tidak mengerti.
  • Ketika obat dibuatkan resepnya, tanyakan tentang efek-efek samping yang mungkin timbul, daya efektifnya dan berapa lama obat itu harus diminum.
  • Jika dokter Anda membicarakan operasi, tanyakan tentang alternatif-alternatif, resiko-resiko dan carilah pendapat kedua.
  • Katakan dengan jujur kepada dokter jika menemui waktu kunjung yang mengganggu, seperti waktu tunggu yang panjang atau ada pegawai yang tidak sopan. Bijaksanalah tapi jujur.
  • Jangan takut mengungkapkan ketakutan atau pemahaman tentang apa yang baru Anda dengar. Dokter pasti bisa memperjelas setiap kesalahpahaman.
  • Katakan jenis perawatan yang Anda lakukan sendiri yang telah mengurangi gejala-gejala.
  • Carilah waktu yang tepat untuk menghubungi dokter jika ada permasalahan yang ingin Anda tanyakan.
Dengan memperhatikah hal-hal di atas, diharapkan tidak ada lagi waktu yang terbuang percuma pada saat Anda berobat maupun berkonsultasi dengan dokter Anda. Sehingga Anda tidak termasuk orang-orang yang selalu menyia-nyiakan kesempatan. Maka, Zona Netter Indonesia  mengajak Anda agar kita benar-benar memanfaatkan segala kesempatan, terlebih hal yang sifatnya bisa menjadikan kita seorang yang berwawasan luas, tentunya dalam dunia kesehatan.

Top Blogs
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook




0 Comments:

Posting Komentar


 

Label

Bakat Baru Bencana Bencana Alam Berkah Berobat Blog Blogger Bugar Cantik Cara Cara Membeli Cara Memilih Cara Meminimalisir Cara Mempertajam Cara Mencegah Cara Mengatasi Cara Mengecek Cara Mengendarai Cara Mengevaluasi Cara Menghadapi Cara Menghilangkan Cara Menghilangkan dan Menyembunyikan Tanda Obeng dan Tang pada Blog Cara Menghindari Cara Mengoptimalkan Cara Mengukur Cara Mengurangi Cara Menilai Cara Meningkatkan Cara Menulis Kode HTML/Java Script pada Postingan atau Artikel Blog Cara Merawat Cerita Cinta Cinta Daya Ingat Denyut Nadi Dingin Dokter Ejakulasi Ejakulasi Dini Evaluasi Fisik Flek Flek Hitam Gatal Gempa Bumi Gigi Gigi Berlubang Hamil Hamil Muda Hati HTML Icon IQ Jalan Kaki Jalan Raya Jamur Kaki Jantung Jerawat Kaki Kebahagiaan Keberkahan Kebugaran Kecantikan Kehamilan Kendaraan Kesehatan Kode Warna Kode Warna HTML Kolesterol Komputer Konsentrasi Konsultasi Krisis Kulit Kulit Kering Kumpulan Tips Kebugaran Kumpulan Tips Trik Pilihan Terpopuler Kutil Kutil Kelamin Lemak Memaksimalkan Membeli Memilih Mencegah Mengatasi Menghindari Mengoptimalkan Menilai Mobil Mobil Bekas Motivasi Motor Obeng Olahraga Otomotif PC Pengecekan Pengembangan Diri Penyakit Peralatan Peralatan Olahraga Perawatan Perjalanan Personal Computer Potensi Potensi Bakat Profesionalisme Psikologi Sehat Seks Seksologi Sepeda Motor Sex Situasi Sperma Stres Tanda Tang Tentang Blog Tips Tips Cara Mengobati dan Menghilangkan Kutil Pada Alat Kelamin Tips Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Kering Tips Aman Tips Bencana Tips Blog Tips Blogger Tips Blogging Tips Cara Mengatasi dan Mencegah Ejakulasi Dini Tanpa Obat Tips Cara Menggali Potensi Diri dan Memaksimalkan Bakat Tips Cara Aman Mengendarai Kendaraan di Jalan Raya Tips Cara Memilih dan Membeli Sepeda Motor Baru Tips Cara Mengatasi Kelelahan Fisik Tips Cara Menghilangkan dan Mencegah Jamur Kaki Tips Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat dan Flek Hitam Tips Cara Merawat Komputer Tetap Sehat Cepat dan Segar Tips Cinta Tips Cinta Membawa Berkah dan Kebahagiaan Tips Evaluasi Tips Kebugaran Tips Kecantikan Tips Kehamilan Tips Kesehatan Tips Komputer Tips Membeli Tips Memilih Tips Meminimalisir Tips Mempertajam Tips Mencegah Tips Mencegah Gigi Berlubang Tips Mengatasi Tips Mengevaluasi Tips Menghadapi Tips Menghindari Tips Menghindari Situasi Terburuk di Jalan Raya Tips Mengoptimalkan Tips Mengukur Tips Mengurangi Tips Meningkatkan Tips Meningkatkan Daya Ingat Tips Merawat Tips Motivasi Tips Olahraga Tips Otomotif Tips Perjalanan Tips Psikologi Tips Seks Tips Tetap Tenang Menghadapi Krisis dan Kesulitan Hidup Tips Tricks Tips Trik Tutorial Blogger Udara Dingin Wajah Wanita Hamil

KUMPULAN TIPS TRIK PILIHAN TERPOPULER Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha