Pencarian Cepat Tips Trik Pilihan Terpopuler

Kamis, 01 April 2010

Tips Cara Aman Mengendarai Kendaraan di Jalan Raya


Bookmark and Share

KUMPULAN TIPS TRIK PILIHAN TERPOPULER - Tips Perjalanan - Kewaspadaan dan kehati-hatian saat mengendarai kendaran di jalan raya perlu mendapatkan perhatian serius dari para pengguna jalan raya. Tips aman berkendara di jalan raya perlu diketahui dan dikuasai oleh para pengendara bermotor dan perlu mendapatkan perhatian serius. Kecelakaan yang terjadi di jalan raya, lebih banyak disebabkan karena faktor kelalaian manusia. Untuk itu kita harus lebih banyak menambah wawasan kita tentang berbagai resiko dan penyebab kecelakaan tersebut.

Sebelumnya, saya pernah menulis tentang Cara menghindari situasi terburuk di jalan raya dan sekarang saya ingin berbagi dengan pembaca semuanya tentang tips aman mengendarai kendaraan di jalan raya. Tips ini saya nukil dari bidang Humas Polda Metro Jaya. Berikut 6 tips aman berkendara di jalan raya, yaitu:

1. Di lampu lalu lintas.

Sering kita lihat, pengendara motor atau mobil melihat lampu lalu lintas dari arah lain. Misalnya, saat di perempatan, pengendara melihat lampu lalu lintas yang ditujukan pada arah sebelah kanan kita sudah berwarna kuning, maka pengendara langsung bersiap menggeber gas.

Hal ini sangat berbahaya karena dari arah tersebut bisa saja masih ada kendaraan yang menerobos lampu kuning. Jadi saat kita dihadapkan pada lampu lalu lintas, perhatikan saja lampu yang ada di hadapan kita. Saat sudah menyala hijau baru kita berjalan, tentu saja dengan tetap memperhatikan kondisi lalu lintas di sekitarnya.

2. Di dekat mobil.

Hati hati jika kita akan melintas di dekat mobil, karena bisa saja penumpang mobil tersebut berhenti tiba-tiba dan membuka pintu atau berbelok tiba-tiba. Usahakan saat kita melintas di dekat mobil, kita berada pada jangkauan penglihatan kaca spion mobil tersebut sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita.

3. Melintas dekat mobil yang berhenti.

Saat melintas dekat mobil yang berhenti, kita tidak tahu apa yang ada di depan mobil. Bisa saja ada orang yang akan menyeberang sehingga mobil tersebut berhenti. Jadi coba untuk memperlambat kendaraan dan memastikan jalan dalam kondisi aman.

4. Saat berkendara di samping mobil sebelah sisi dalam tikungan.

Ketika mobil berbelok di tikungan, sisi belakang mobil cenderung semakin rapat ke sisi dalam karena perbedaan radius putar antara ban depan dan belakang, sehingga tidak aman bagi motor untuk berada disi dalam tikungan saat mobil menikung.

5. Mendahului mobil yang tidak aman.

Mendahului mobil pada posisi yang tidak memungkinkan kita melihat kondisi lalu lintas di depan, sangat berbahaya, contohnya:
  • Saat berada di tikungan
  • Saat di puncak tanjakan
  • Dalam terowongan tanpa pembatas jalur
  • Dekat persimpangan jalan
  • Dalam kompleks perumahan atau dekat sekolah dimana anak-anak banyak bermain
6. Melintas diantara mobil dalam antrean.

Saat melintasi antara mobil dalam antrean, bunyikan klakson bila siang hari dan nyalakan lampu jauh bila malam hari sesering mungkin untuk memberikan perhatian dan jangkauan penglihatan kaca spion bagi kedua jalur mobil yang kita lintasi sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda dan berhati-hatilah ketika Anda mengendarai kendaraan di jalan raya!

Top Blogs
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook




0 Comments:

Posting Komentar


 

Label

Bakat Baru Bencana Bencana Alam Berkah Berobat Blog Blogger Bugar Cantik Cara Cara Membeli Cara Memilih Cara Meminimalisir Cara Mempertajam Cara Mencegah Cara Mengatasi Cara Mengecek Cara Mengendarai Cara Mengevaluasi Cara Menghadapi Cara Menghilangkan Cara Menghilangkan dan Menyembunyikan Tanda Obeng dan Tang pada Blog Cara Menghindari Cara Mengoptimalkan Cara Mengukur Cara Mengurangi Cara Menilai Cara Meningkatkan Cara Menulis Kode HTML/Java Script pada Postingan atau Artikel Blog Cara Merawat Cerita Cinta Cinta Daya Ingat Denyut Nadi Dingin Dokter Ejakulasi Ejakulasi Dini Evaluasi Fisik Flek Flek Hitam Gatal Gempa Bumi Gigi Gigi Berlubang Hamil Hamil Muda Hati HTML Icon IQ Jalan Kaki Jalan Raya Jamur Kaki Jantung Jerawat Kaki Kebahagiaan Keberkahan Kebugaran Kecantikan Kehamilan Kendaraan Kesehatan Kode Warna Kode Warna HTML Kolesterol Komputer Konsentrasi Konsultasi Krisis Kulit Kulit Kering Kumpulan Tips Kebugaran Kumpulan Tips Trik Pilihan Terpopuler Kutil Kutil Kelamin Lemak Memaksimalkan Membeli Memilih Mencegah Mengatasi Menghindari Mengoptimalkan Menilai Mobil Mobil Bekas Motivasi Motor Obeng Olahraga Otomotif PC Pengecekan Pengembangan Diri Penyakit Peralatan Peralatan Olahraga Perawatan Perjalanan Personal Computer Potensi Potensi Bakat Profesionalisme Psikologi Sehat Seks Seksologi Sepeda Motor Sex Situasi Sperma Stres Tanda Tang Tentang Blog Tips Tips Cara Mengobati dan Menghilangkan Kutil Pada Alat Kelamin Tips Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Kering Tips Aman Tips Bencana Tips Blog Tips Blogger Tips Blogging Tips Cara Mengatasi dan Mencegah Ejakulasi Dini Tanpa Obat Tips Cara Menggali Potensi Diri dan Memaksimalkan Bakat Tips Cara Aman Mengendarai Kendaraan di Jalan Raya Tips Cara Memilih dan Membeli Sepeda Motor Baru Tips Cara Mengatasi Kelelahan Fisik Tips Cara Menghilangkan dan Mencegah Jamur Kaki Tips Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat dan Flek Hitam Tips Cara Merawat Komputer Tetap Sehat Cepat dan Segar Tips Cinta Tips Cinta Membawa Berkah dan Kebahagiaan Tips Evaluasi Tips Kebugaran Tips Kecantikan Tips Kehamilan Tips Kesehatan Tips Komputer Tips Membeli Tips Memilih Tips Meminimalisir Tips Mempertajam Tips Mencegah Tips Mencegah Gigi Berlubang Tips Mengatasi Tips Mengevaluasi Tips Menghadapi Tips Menghindari Tips Menghindari Situasi Terburuk di Jalan Raya Tips Mengoptimalkan Tips Mengukur Tips Mengurangi Tips Meningkatkan Tips Meningkatkan Daya Ingat Tips Merawat Tips Motivasi Tips Olahraga Tips Otomotif Tips Perjalanan Tips Psikologi Tips Seks Tips Tetap Tenang Menghadapi Krisis dan Kesulitan Hidup Tips Tricks Tips Trik Tutorial Blogger Udara Dingin Wajah Wanita Hamil

KUMPULAN TIPS TRIK PILIHAN TERPOPULER Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha